Kamis, 29 Januari 2015

Shift+drag

Minggu-minggu ini, saya balik lagi ke studio untuk memulai kerja rutin lagi guna mengisi buku tabungan yang makin menipis.

Saya heran sama shiro sama yang lainnya juga, cuman sekitar 2 bulan saya tinggal liburan skill mereka bertambah ngawu-ngawu plus ngafu2. Entah bagaimana mereka belajar, mungkin karena sering2nya lembur.

Bagi saya yang beranggapan peningkatan skill itu taji, mau gak mau ikut kebakar semangatnya. Akhirnya beberapa hari sebelum projek di mulai saya mulai rajin liat referensi, atau cuman sekedar baca ulang tips trik orang-orang handal, yang lebih keren lagi saya berencana ikut kursunya rongan arau Rini Sugiarto.

Beberapa hari terlewat, saya yakin ada sedikit peningkatan dalam memahami gerak dan impact. Sampai akhirnya saya aplikasikan di bagian shot yang saya terima minggu ini. Hingga suatu ketika

"mas tolong di cek" (maksudnya hasil kerjaan saya)
"oh udah bagus itu tinggal sedikit lagi"

akhirnya saya benerin sana sini biar lebih bagus
"mas tolong di cek lagi"
"oh iya" katanya
terus ngambil kursi ke komputer saya, tekan shift terus drag semua key yag udah saya buat, lalu Delete.

beberapa menit dia ngutak-ngatik kerjaan saya, akhirnya jadi.
"udah kirim yang ini aja, tadi kok di revisi malah makin jelek ya.

plak.... itu tadi kerjaan seharian cuman selesai beberapa menit sama lead..

Rasanya jadi sedikit suntuk.

Di Belakang layar
Belakang layar pembuatan animasi itu cukup ribet, untuk seharian (animasi serial televisi) masing-masing animator itu paling banyak ngerjain 200an frame kali, kadang 50 kadang 80 frame. tergantung kerumitan, mungkin aja pengerjaannya bisa lebih cepet atau lebih lama.

25 frame untuk setiap detik
Setiap satu detik bisa di hitung 25 frame, jadi kalo 10 detik itu 250 frame kalo satu menit berapa? satu jam berapa? Patokan ini biasanya berlaku di dunia perfilman baik animasi maupun live shot.

Setiap key yang animator biasanya itu berkisar 10 frame untuk gerakan lambat, 4 frame lumayan cepat, kadang bahkan 2 sampai 1 frame untuk memperhalus gerakan. Kerjaan seorang animator itu ya cuman nge key aja, ngunci setiap pose ke pose satunya, kemudian di diantaranya d kasih kuci lagi untuk memperhalus.

Jadi kira-kira untuk membuat gerakan doang, yang sepanjang 30 menit itu memerlukan kurang lebih 10 hari ( rough animation, belum final animation) dengan tenaga 100an animator. ini berlaku buat tayangan televisi sih bukan buat the movie, karena pastinya pengerjaannya lebih lama lagi.

10 hari sebenernya bukan apa-apa, pada kenyataannya masih ada proses rendering, editing, supervisi dari klien. Kalau di kalkulasikan seluruh produksi mungkin ada sebulanan kali ya :D.

Jangan bosan-bosannya dukung animasi lokal :D hahaha.
-.-
sayangnya saya ga buat animasi lokal sih ya, ya sudah lah.

2 komentar:

  1. hwaaaa lumayan ribet dan banyak juga ya framenya...
    kayak buat stop motion, foto yang digunakan banyak bangeet...
    keep fight mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mbak petualang
      :D

      salam semangat juga

      Hapus